Lisensi Open Source : CDDL

And now, after all my searching
After all my questions
Im going to call it home
I got a brand new mind set
I can finally see the sunset
Im gonna call it home
– This is Home , Switchfoot

Kembali ke dunia perkuliahan dan mulailah didera dengan badai tugas yang menderu kencang. Oke, kali ini saya akan memaksa diri saya untuk tetap menulis di blog. Kali ini kita akan sedikit membahas tentang lisensi open source. Sebenarnya ini adalah tugas mata kuliah open source technology yang untuk semester ini diajar oleh ibu dosen yang satu ini.

Yang akan kita bahas kali ini adalah CDDL. CDDL merupakan singkatan dari Commons Distribution and Development License. CDDL ini adalah sebuah lisensi open source yang diprakarasai oleh SUN Microsystem dan digunakan untuk project project open sourcenya seperti Netbeans dan OpenSolaris.

CDDL dibuat dengan mengacu pada MPL (Mozilla Public License). Sebelum CDDL , SUN Microsystem juga mempunyai lisensi open source lain yaitu SPL (Sun Public License). Tetapi semenjak adanya CDDL ini, sepertinya SPL sudah di abandon oleh Sun.

Untuk detail dari CDDL ini , temen temen bisa mendownload file .doc yang sudah saya buat dibawah ini.

commons-development-and-distribution-license

CDDL ini juga tidak sederivatif GPL dan oleh karena itu menjadikan CDDL ini GPL-incompatible. Mungkin segitu aja deh yang bisa saya bahas mengenai CDDL ini. Oh ya , mungkin beberapa waktu ke depan ada open source project yang saya kerjakan akan memakai CDDL jadi klo temen temen ada yang lebih berpengalaman dengan CDDL please let me know. Sekian dulu folks.

Have a nice day.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.