Toko Buku: Uranus Vs Gramedia

When we get there, we’re gonna fly so far away,
Making sure to laugh
while we experience anti-gravity.
-Summer Romance, Incubus

Hey Folks!! Ketemu lagi di salah satu postingan saya yang nggak penting ini. Jam menunjukkan pukul 5 pagi waktu menuliskan postingan ini. Ngantuk, ntar abis jumatan ada rapat acara himpunan. Its gonna be hell of a day. Btw saya nulis postingan ini sambil mendengarkan lagu Summer Romance dari Incubus. Highly Recommended!! Rancak bro. Dentuman bas, kocokan gitar, hentakan drum sama scratching turntable dari DJ Kilmore ngeblend jadi satu. Ditambah vokal yang rada emo dari Brandon Boyd. Superb dah, Incubus kagak ada matinya :p.

Beberapa hari ini saya  ngidam novel detektif. Setelah selama semingguan yang lalu nafsu beli buku saya sudah mulai terkendali, out of control lagi ketika hang out di Gramedia dan ngeliat sampul bukunya Agatha Christie yang 4.50 from Paddington.  Kayaknya novel detektif ini menarik. Tetapi karena ini di gramedia dan saya pernah ngeliat buku itu di toko yang lebih murah (baca: Uranus) jadi niat menggebu nggebu itu saya tahan 🙂 .

Saya nggak seberapa prefer bwat beli buku klo di gramed. Alasan utamanya ya yang saya sebutkan diatas tadi, uranus menawarkan harga yang lebih “mahasiswa”. Tetapi suasana di gramed lebih cozy dan lebih merangsang untuk membaca. Penataan buku yang bagus, ruangan yang relatif luas & lega , alunan musik klasik dan ini konsisten terjadi di beberapa counter gramed berbeda yang pernah saya kunjungi. Mengunjungi toko buku gramedia bisa jadi terapi rileks dan alternatif tempat kencan bagi saya (hehehe,nyari partner kencannya yang susah ). Berbeda sekali dengan uranus yang sempit, Acnya dikit dan penataan bukunya yang ditumpuk tumpuk jadi rada susah nyarinya. Everything has its price i think.

Margin perbedaan harga untuk uranus dan gramed menurut saya cukup signifikan. Kita misalkan harga novel agatha christie yang saya liat di gramed tadi adalah x. Maka di uranus, dengan memngeluarkan x + 1/2 x + 10rb  saya sudah dapet 1 buku agatha christie dan 2 buku sherlock holmesnya conan doyle. Dengan jumlah uang yang sama, di gramedia mungkin cuman dapet 2 buku.

Yang biasanya saya lakukan adalah pergi ke gramedia. Dan jika saya menemukan buku yang menurut saya bagus, saya tinggal cabut ke uranus. Klo di uranus gak ada dan saya bener bener ngebet, baru deh balik lagi ke gramedia. Menurut saya ini cukup efektif menekan budget belanja buku pribadi, dengan menempatkan diri untuk lebih mengeluarkan effort ketika nafsu liar muncul melihat buku bagus yang siap untuk dimangsa.

Tapi klo dipikir pikir, membandingkan uranus dengan gramed rasanya tidak adil. Uranus pada saat tulisan ini ditulis , baru mempunyai tiga cabang di dua kota. Sedangkan di setiap kota besar di pulau jawa, kita hampir bisa menemukan counter gramedia disitu. Selain itu, website resmi gramedia memakan ASP sedangkan uranus memakai PHP (dan saya kenal programmernya, halah LKSC ). Kita bisa tentukan siapa yang lebih “berada” dengan melihat bahasa pemrograman yang dipakai kedua toko buku tersebut (dasar, geek!!!) 🙂 .

Oh ya, saya sedikit hipokrit ketika  menyebutkan soal penghematan budget. Padahal rata rata buku yang saya beli dalam satu waktu adalah 3 buku. Sama aja boong!!!. Saya menghabiskan sebagian besar uang saku saya bulan ini untuk membeli buku, padahal sepatu & jaket udah mulai kumal (dasar gembel). Yach mau gimana lagi, klo ditahan tahan juga ntar stress hehehehe. Btw buku yang saya beli kemaren antara lain :

  • Agatha Christie – Elephants Can Remember
  • Sir Arthur Conan Doyle – Sherlock Holmes : Valley Of Fear
  • Sir Arthur Conan Doyle – Sherlock Holmes : Kelompok Lingkaran Merah

Kok gak yang Paddington tadi? Karena 4.50 from Paddington  tokoh detektifnya adalah Miss Marple. Saya pengen membandingkan dua sosok detektif yang jantan terlebih dahulu (Hercule Poirot dan Sherlock Holmes). Paddington masuk dalam daftar incaran saya yang berikutnya saja.

Btw hari ini klo gak ada halangan, ive got my project payment. My first money ive got from java projects (Hurray!!!). Semakin liar deh nafsu beli bukunya.

Thanx for reading folks. Have a good reading day.

: )

Perhaps when a man has special knowledge and special powers like my own, it rather encourages him to seek a complex explanation when a simpler one is at hand
– Sherlock Holmes

25 thoughts on “Toko Buku: Uranus Vs Gramedia

  1. PERTAMAX..BRO :d

    Postinganmu bgtu menyentuh…. hasrat beli buku ku jadi naek lagi nich.. :((

    By the way.. kloboleh nambahin, plus dr URANUS adalah koleksi buku-bukunya UP-TO-DATE n transparan.

    jadwal rilis buku ditempel d dinding tertentu sehingga qta bisa tau kapan kira2 tuh buku keluar..

    memang, yang paling banyak ditempel tu info ttg KOMIK n MAJALAH,,, tapi itu dah membantu banget para comic-collector (seperti saya.. hehe :p )

  2. PERTAMAX..BRO :d

    Postinganmu bgtu menyentuh…. hasrat beli buku ku jadi naek lagi nich.. :((
    (NARUTO 38 ma CONAN 50 dah keluar blom ya..?)

    By the way.. kloboleh nambahin, plus dr URANUS adalah koleksi buku-bukunya UP-TO-DATE n transparan.

    jadwal rilis buku ditempel d dinding tertentu sehingga qta bisa tau kapan kira2 tuh buku keluar..

    memang, yang paling banyak ditempel tu info ttg KOMIK n MAJALAH,,, tapi itu dah membantu banget para comic-collector (seperti saya.. hehe :p )

  3. Bicara soal cari novel, tanyakan saja ke anak sastra unair he..he.. 🙂 biasanya mahasiswa sastra unair paling banyak nyari buku-buku and novel di Uranus and Toga Mas 🙂

  4. Memang yang paling familiar di sastra banyak buku-buku, novel and komik karya sastrawan lokal and luar negri, tergantung kita ingin membaca buku, novel and komik favorit 🙂 kalo saya biasanya baca novel dari sastrawan luar negri kayak William Shakespeare, buku-buku sejarah indonesia and dunia, buku-buku ekonomi (akuntansi and bisnis),buku-buku komputer (Windows, Linux),and komik-komik horor kayak Ghosebumbs he..he.. 🙂 maklum saya ini selain belajar sastra, juga belajar ekonomi and sedikit IT..

  5. Emang segala sesuatu mending milih yang lebih murah daripada yg mahal. Kan qt beli produknya bo’… bukan tempatnya… Biar jualnya d pasar ikan aq sih.. tetep beli jika memang se- indonesia bukunya Agatha Christy plg murah di situ…

  6. Wah cek enake ya Mahasiswa sastra itu. Kuliah kok serasa Hobi aja. Hobi baca2 gitu. Udah bukunya gak ada rumusnya. Ada ceritanya lagi. jadi kepengen.

    Lah kalo mahasiswa kesenian kayak ukir2an, seni patung, seni tari, seni lukis gitu tambah enak lagi dong. Wes kuliahe gak ono rumuse blas. isine seneng2 ngukir, nyanyi, nari. Cek..cek.. memang ilmu itu gak hanya rumus ya.

  7. Klo mau yg murah mas beli yg 2nd aj,,hehe ^^ peace =)
    Kbtulan klo Sir Arthur Conan Doyle n Agatha Cristie kesukaanku

    Daripada beli baru mending beli punya q aJ
    Ato alternatif laennya mas POTOKOPI

  8. @nellulyta

    sabr sabar ret..kamu tetap dengan semangat berapi api

    @pituku
    awakmu mau pindah jurusan sal
    ?

    @dayu
    wah
    gak etis klo buku difotokopi..apalagi harganya masih terjangkau..

    klau buku kuliah sih..

    hehehehehheh

    * sok suci*

    @amanda

    anak kecil maennya emang gak boleh jauh jauh

    : P

  9. hai..
    teman semua khususnya di sby..
    aq pengen cri bku hukum nih…
    judulnya tentang perjanjian..
    dgr2 ktanya bku di uranus(sby)
    hrganya murah bgt ya..
    ad teman yg bs bntu aq gk bwt bntuin aq..
    soalnya aq btuh bku ini untuk skripsi..
    tlong ya..
    klo bs teman cew deh,hehehe…
    thanks ya..
    ini email ku…
    huang_jin_long07@yahoo.com
    pay2

  10. emang bener sih uranus murah,,cm kalo di bali rada susah,,,hanya utk tertentu aja adanya,,kl dl mesennya gampang kl sekarang rada susah

  11. btw.. ada lagi tempat buat hunting buku harga anak kos, anak sekolahan.. di Togamas tmpny di Jl. Diponegoro deket BonBin (KBS) sama Togamas Petra Jl. Pucang Anom timur no.5 untuk yg luar kota.. toga mas bisa dijumpai di Malang , Bandung trus mana lagi ya.. maap lupa…

    v(^_^;)v

    ngomong2 soal diskon Togamas kasih diskon sekitar 25 % ampek 30 %… apalagi buat para colector comic, novel weeiiiiiisss justru tuh buku sering ada diskonan…..

    q(^o^;)p
    SEMANGAT!!!!

  12. mas mau tanya kalo buku di uranus itu asli kan mas? maksudnya bukan fotokopian ya.. saya rencana beli online dan harga bukunya emang lebih murah dari yang lain.. makasih..

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.