TIL #1 : SPAC

TIL adalah singkatan dari Today I Learned. Rubrik impulsif yang gue buat untuk tulisan mingguan edisi hari ini. Di sini gue menulis penjelasan singkat istilah baru seputar startup, teknologi dan fintech. Nama TIL terinspirasi dari subforum reddit yang sering gue baca.

Di TIL edisi hari ini, gue akan menjelaskan istilah pasar modal yang sedang hits di Silicon Valley : SPAC.

Ilustrasi Wall Street. Photo by Roberto Júnior on Unsplash

Apa itu SPAC ?

SPAC adalah singkatan dari Special Purpose Acquisition Vehicle. Definisinya adalah perusahaan publik khusus dibuat untuk keperluan akusisi. SPAC mengalami proses IPO seperti biasa, tercatat di pasar modal tetapi dia tidak mempunyai kegiatan operasional bisnis dan didesain untuk menjadi “wadah kosong” yang akan di “tempati” perusahaan yang akan di akusisi.

Setelah merger terjadi, SPAC melebur menjadi perusahaan yang diakuisi dan tetap tercatat sebagai entitas di pasar modal tersebut.

Akhir-akhir ini, Beberapa perusahaan terkemuka go public menggunakan SPAC. Salah duanya adalah maskapai Virgin Galactic dan startup truk elektrik Nikola. Tren menjadi semakin hangat setelah beberapa investor besar mendirikan SPAC mereka sendiri sebagai wadah investasi kedepan. Nama-nama besar seperti pendiri Linkedin Reid Hoffman, mantan eksekutif awal Facebook Chamath Palihapitiya dan investor bilyuner Wall Street Bill Ackman.

SPAC dianggap alternatif yang lebih cepat dan lebih murah dibandingkan IPO konvensional.

Akan tetapi SPAC juga lebih beresiko, karena investor mempercayakan uangnya sebelum proses akuisisi terjadi. Seperti urunan naruh duit di topi pas lagi nongkrong. Lo gak tau uangnya bakal dipake apa. You just have to believe sama temen lo yang ngumpulin duit.

Gue belum tahu aturan detail mengenai SPAC atau yang setara di pasar modal Indonesia. Tapi melihat tren di US, sepertinya model go public alternatif seperti ini menjadi opsi menarik untuk startup-startup unicorn lokal. Unicorn seperti Gojek, Traveloka dan Tokopedia belum ada yang go public.

Startup teknologi yang baru masuk bursa akhir-akhir ini adalah Cashlez.

Apakah Wilson Cuaca akan membuat SPAC di Indonesia ? Lets wait and see.

Referensi lebih lanjut mengenai SPAC, bisa dibaca di link berikut :

Demikian untuk edisi perdana dari TIL. Klo lo ada ide istilah asing apalagi yang bisa gue bahas di edisi berikutnya, komen aja disini atau mention @kikiahmadi di twitter. Thanks!

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jika kamu menikmati tulisan ini dan ingin mendapatkan update tulisan terbaru, artikel / podcast / video youtube dan juga musik menarik yang aku rekomendasikan, sila subscribe email list dibawah.

Processing…
Success! You’re on the list.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.