Vlog KomunIKASI

Jumat minggu kemarin, saya bertemu dan ngobrol dengan salah satu junior di kampus Sistem Informasi ITS dulu : Diaz Permana. Pertemuan ini sebenarnya random sekali diawali dengan saling mereply di grup Ikatan Alumni Sistem Informasi dan kemudian Diaz mengajak untuk ketemuan offline. Kebetulan, seminggu kemarin saya sedang di Surabaya untuk keperluan ekspansi Amartha. Kebetulan kedua, saya juga penasaran dengan Ternaknesia, startup agritech tempat Diaz bekerja sekarang. Maka ngopilah kita berdua di sebuah cafe di Manyar.

Yang menarik, Diaz mengajak untuk merekam pembicaraan dalam sebuah vlog. Diaz sedang membuat vlog tentang Ikatan Alumni Sistem Informasi. Dia ingin membuat konten untuk memudahkan mahasiswa SI berpikir dan merencanakan karir setelah kuliah nanti.

Ini adalah kali pertama saya merekam vlog, kegiatan yang sangat milenial, dan saya khawatir diskusi menjadi canggung. Namun Diaz berhasil membawakan sesi tanya jawab ini dengan luwes sehingga obrolan kita berdua tidak berbeda dengan diskusi  seperti biasa tanpa kamera. Wajar sih, Diaz semenjak kuliah sudah berpengalaman menjadi host dan moderator.

Simak obrolan kami berdua seputar alumni Sistem Informasi ITS, hal yang dilakukan pada saat kuliah dan hal hal lain di youtube link dibawah.

Berhubung diskusi ini terjadi secara spontan, ada beberapa tambahan informasi yang saya gatal ingin tulis disini. Tonton dulu videonya, lalu sila menyimak beberapa poin tambahan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seru yang di lontarkan Diaz di vlog.

Q : Perjalanan karir dari lulus SI ITS sampai sekarang ?

Jawaban detailnya sebenarnya bisa di cek di Linkedin.

Sebagian besar karir saya, dibangun di industri telco Indonesia. Pekerjaan pertama setelah lulus ada lah sebagai operations engineer di Tech Mahindra dan ditempatkan di operator Axis. Kemudian pindah ke Celcom dan XL.Di XL pada awalnya network engineer, kemudian ditawari kesempatan untuk pindah ke sisi bisnis di tim Corporate Strategy & Business Transformation.

Di tahun 2016, saya berkesempatan untuk belajar manajemen inovasi di University of Manchester, pulang ke Indonesia setahun setelah itu dan kemudian nyemplung ke ekosistem startup . fintech Indonesia.

Q: Pekerjaan sekarang ?

Business development di Amartha. Penjelasan bagus tentang model bisnis Amartha bisa dilihat di video NET TV berikut 

Q: Perbedaan kerja di startup dan perusahaan yang established ?

Menambahi yang sudah ada di vlog. Beberapa hal yang berbeda sekali experiencenya sekarang dibandingkan kerja di XL dulu.

Multiple Hat : Di startup, terutama yang early, timnya kecil. Sehingga seringkali satu orang memegang banyak role. Di Amartha, role utama saya adalah business development. Tetapi paling sering, ngedouble job jadi product manager. Atau misal ketika misal butuh report, tetapi load tim Business Intelligence lagi penuh, ya oprek SQL dan bikin dashboard sendiri. Jobdesc ? apa itu jobdesc ?

Tanggung jawab dan kebebasan yang luas : Masih efek dari tim yang kecil, saya merasa mempunyai kebebasan lebih besar. Satu obyektif diberikan, terserah bagaimana cara eksekusinya. Prinsip lebih baik minta maaf daripada minta izin menjadi kredo saya di Amartha. Seringkali tugas yang diberikan sangat ambigu, sehingga kita harus mengerjakan sebari coba untuk mengerti.

Eksperimen dan Tes : Setiap ide produk atau ide aplikasi, langsung kita tes ke user. Misal untuk membuat draft konsep produk dibutuhkan 5 hari kerja, 2 hari akan dihabiskan untuk validasi ide di lapangan dengan real user. Pengalaman saya di korporate dulu, ini jarang di lakukan karena berbagai hal.

Kalau ditanya mana yang lebih baik ? tentu ada pros dan consnya. Semua kembali ke selera. Ketiga faktor diatas juga bisa diartikan sebagai kerja serabutan dengan arahan yang gak jelas. Tidak semua nyaman dengan itu.

Q: Gimana caranya shifting dari pekerjaan yang technical ke bisnis ?

Jurusan Sistem Informasi sedikit banyak memberikan bekal sebenarnya. Karena dulu, selain belajar pemrograman atau database, saya juga harus mengerti akuntansi dan manajemen karena mata kuliah itu diajarkan. Beberapa mata kuliah “utama” jurusan SI juga amalgamasi dua sisi ini seperti ERP atau SCM. Kuliah di SI menurutku didesain agar lulusannya ambivalen dengan engineering dan bisnis.

Yang juga membantu sekali ketika pindah dari Network Engineer ke Corporate Strategy adalah membaca buku. Berikut beberapa buku yang saya rekomendasikan untuk engineer yang ingin belajar tentang

  1. Business Model Generation by Osterwalder : Framework BMC essensial sekali untuk mengerti apa itu bisnis dan gambaran besar bagaimana sebuah bisnis dijalankan.
  2. Freakonomics by Dubner and Levitt : Buku yang membahas tentang fenomena sehari hari, dijelaskan menggunakan lensa ekonomi. Dengarkan juga podcastnya, sangat menarik.
  3. Delivering Happiness by Tony Hsieh : Cerita Tony Hsieh dalam membangun startup toko sepatu online Zappos. Buku ini membantu saya memahami tantangan dalam membangun bisnis online serta pentingnya sebuah culture dalam perusahaan.
  4. Lean Startup by Eric Ries : Baca untuk tahu apa itu startup, MVP, product-market fit, pivot dan bagaimana merealisasikan sebuah ide menjadi product dengan filosofi lean startup.
  5. Sprint by Jake Knapp : Segala hal tentang design sprint, format brainstorming kelompok yang sering kami praktekkan di Amartha. Buku ini berguna untuk mengetahui bagaimana mengubah ide abstrak menjadi sebuah prototype yang bisa ditest langsung ke user.

Q: Tips untuk yang masih kuliah? Apa saja sih hal hal yang harus dilakukan ?

Saya pernah menulis panjang tentang ini disini dan sempat saya presentasikan juga di kampus SI ITS.

Tapi sebenarnya, kalau dipersingkat, saran saya sih adalah temukan faktor pendorong kamu secepat mungkin. Faktor pendorong ini bisa macam-macam, bisa ekonomi (e.g harus cepat lulus dan dapet kerja untuk meringankan orang tua) atau bisa sekedar hal trivial (e.g gue gak mau jadi orang yang membosankan ). Pengalamanku, kalau faktor pendorong ini sudah ketemu, terasa rugi banget kalau menyia-nyiakan waktu sih.

Demikian recap dan tambahan konten dari vlog KomunIKASI kali ini. Kalau ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komen dibawah. Terima kasih dan semoga harimu menyenangkan!

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s