Kemarin, Yahoo mengumumkan penutupan beberapa layanan lama mereka yang cukup obscure seperti Yahoo Pipe, GeoPlanet, Placespotter . Bukan hal mengejutkan sebenarnya. Mantan pemain besar Internet di tahun 2000an ini sepertinya terus kehilangan relevansi terus menerus seiring waktu. Siapa disini yang masih memakai email yahoo ? saya bahkan tidak ingat kapan terakhir kali login ke Ymail. Lama kelamaan, Yahoo mungkin akan menjadi relik nostalgia untuk generasi internet 2000an seperti layaknya Geocities atau Friendster. 

Yahoo Pipe

Yang menarik perhatian saya di berita ini adalah Yahoo PipeLayanan Yahoo ini berfungsi melakukan ektraksi dan manipulasi terhadap konten web. Sedikit susah dijelaskan sih tapi fungsi ini mirip seperti apa yang dilakukan IFTTT sekarang. 

Tahun 2009 yang lalu, saya bersama 4 rekan yang lain membuat web mashup informasi pariwisata Indonesia NusantaraView (NV) sebagai tugas akhir S1 dibawah bimbingan penggerak gerakan open source dan juga dosen kami ibu Nuraini. Di tahun  itu internet sedang hype dengan web 2.0 dan teknologi Web API sedang dalam awal masa pengembangan, sehingga implementasi web mashup cukup menantang dan menarik untuk dijadikan tugas akhir. Konsep yang ingin kita bangun di NV adalah informasi objek pariwisata terintegrasi. Dengan hanya mengetikkan nama objek pariwisata, sistem akan mengeluarkan peta objek pariwisata, video yang relevan dari Youtube, foto dari Flickr serta informasi event dari Eventful.

arsitektur-sistem-keseluruhan-nusantaraview.jpg

Dalam pengembangan NV, saya menggunakan Yahoo Pipe untuk menambahkan filter keyword di RSS feeds. Beberapa sumber data NV pada waktu itu hanya menyediakan RSS feeds biasa sehingga perlu sedikit modifikasi jika ingin melakukan pencarian konten dengan kata kunci. Yahoo Pipe sangat revolusioner pada waktu itu. Dengan interface yang mirip dengan IDE (E.g Eclipse atau Netbeans), Yahoo Pipe memungkinkan kita untuk menggunakan website sebagai sumber data. Konten konten di Flickr, Youtube dan Event bisa diambil menggunakan query seperti layaknya menarik data dari database relasional biasa.

Untuk yang penasaran, salah satu pipe yang saya develop dulu bisa dicoba disini. Ketika tulisan ini dibuat, pipe Event ini masih berfungsi dan berjalan baik.

Akan tetapi, Yahoo Pipe tidak lagi relevan di dalam landscape internet sekarang. Web API bukan lagi menjadi fitur tetapi suatu keharusan. Setiap layanan internet hampir pasti menyediakan API yang sangat memanjakan developer (beragam opsi pengambilan data disertai dengan dokumentasi lengkap) seperti yang dilakukan Google disini .

So thanks and goodbye Yahoo Pipe, It was fun experience while it last.

Layanan ini mengajarkan saya konsep programmable web dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Pada akhirnya, NusantaraView tidak hanya menghasilkan ijasah S1 tetapi juga mengantarkan saya dan teman teman mendapatkan special mention di INAICTA dan berhasil juga menembus APICTA 2009 di Melbourne.

Lebih lanjut mengenai Web API dan teknologi interaksi konten web lainnya , cek beberapa referensi dibawah :

  1. Programmable Web
  2. Public APIs
  3. Platform as a service

Posted by Kiki Ahmadi

Professional in Telco and Digital industry in Indonesia | Currently pursuing master's degree in Innovation Management and Entrepreneurship in University of Manchester

3 Comments

  1. Waah Nview,salah satu master piece di SI, sayangnya ga ada yang melanjutkan

    Reply

    1. Sepertinya lebih oke kalau konsepnya dibawa tapi dengan platform yang lebih kekinian. Joomla udah kehilangan relevansi juga sih.

      Reply

      1. Oia, versi pertama masih joomla ya.. cuma bukannya sudah ganti platform ya waktu ikut mandiri?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s