[tulisan ini dibuat sebagai bentuk support terhadap Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi, rumah keduaku semasa kuliah. Banyak  pelajaran dan kesempatan yang kudapat ketika aku menjadi bagian dari HMSI, this post is one of my social responsibility. Tentu saja aku sekarang bukan anggota ataupun pengurus karena diriku sudah menjadi alumni. Rest assured, aku tidak mendapatkan kompensasi apapun baik dari HMSI,  Jurusan SI bahkan ITS sekalipun]

“Marilah mahasiswa sistem informasi menjunjung tinggi almamater

Ketika SMA dulu, aku bukan siswa yang aktif berorganisasi. Aku tidak ikut OSIS, PMR bahkan ekstrakurikuler karena pada saat itu selain malas aku juga tidak melihat keuntungannya buat ku (maklum masih ababil). Ketika minggu pertama masuk kuliah dan disodori form untuk mengikuti MANAGE aku sempat ragu untuk tanda tangan, but now i realized that was one of the best decision in my life. Ketika itu untuk menjadi anggota HMSI, mahasiswa baru harus lulus keseluruhan prosesi masa pengenalan generasi (MANAGE) yang terdiri dari pengkaderan massal, camp implementasi sistem (Camp IS) di Coban Rondo dan kegiatan pasca pengkaderan. It was a long and exhausting journey at that time, ada masa masa dimana aku sendiri bertanya kenapa aku harus buang waktu dan tenaga untuk ikut acara seperti ini.


 

 

 

 

 

 

 

“Meningkatkan kemampuan diri, menuju masa depan cerah”

Pengkaderan mahasiswa baru di ITS terkenal cukup “kejam”, setelah mengalaminya sendiri pendapat itu salah karena yang benar adalah sangat kejam hehe. Pada masa MANAGE itu aku harus potong gundul , berpanasan di lapangan dari pagi sampai sore dan  malam sampai paginya mengerjakan tugas individu dan angkatan (yang terdengar tidak masuk akal). Dan lagi aku dan angkatanku harus berkenalan dan mencari tanda tangan senior yang ketika manage kompak memasang muka kejam dan sinis. Capek ? iya sebel ? jelas is it worth it then ? Definitely yes, setelah melewati semua ternyata banyak efek positif yang aku dapat tanpa sadar. Di kampus teknik seperti ITS, tugas tugas datang tanpa henti dengan deadline yang bersaing satu dengan yang lain. Luckily di MANAGE, sedikit banyak ritme tubuhku mulai terlatih untuk begadang mengerjakan tugas. Another thing is karena seringnya mengerjakan tugas MANAGE bersama, it doesnt take long for me to blend in with my brothers and sisters PHOENIC05.

Setelah melewati pengkaderan dan ditutup dengan Camp IS, tahap selanjutnya menuju keanggotaan HMSI adalah KPP which is kegiatan pasca pengkaderan. Di tahap ini , aku ditunjuk untuk menjadi ketua salah satu acara KPP yaitu SI Games. Sebelum ini aku belum pernah menjadi ketua di acara apapun and yes it was a big challenge for me. Hasilnya cukup mengecewakan, aku tidak menjalankan tugasku sebagai ketua dengan baik karena seringkali tidak ikut rapat dan melalaikan tugas. Untungnya SI games pertama dalam sejarah jurusan SI bisa berjalan lancar karena my bro Adhilaras yang menjadi wakil ketua take over my responsibility (thanks for saving my face bro). HMSI memberikan satu pelajaran pertama untukku pada saat itu, arti sebuah tanggung jawab.

Setelah lulus tahap tersebut, aku resmi menjadi anggota HMSI. Posisi pertama ku di HMSI pada saat itu adalah staf divisi riset, dimana role divisi tersebut adalah mengembangkan kemampuan IT anggota HMSI. Aku bukan orang yang melek IT sebelumnya sehingga berada di so called HMSI geek division was really life changing karena membuatku dekat dengan senior senior yang sering aku todong untuk mengajari banyak hal. Aku berkenalan linux dari Noval 04 dan Hariste 03, network dan general IT dari Jay & Pri 03, Java dari Mas soni & mas poleng01, mas irfan03. Mereka semua adalah mentor yang berjasa besar menjerumuskan ku kejurang IT yang dalam dan gelap.

“Semangatku takkan pernah surut, walaupun rintangan menghadang”

Karena banyak kenal dengan angkatan atas di HMSI itu juga, aku mulai mendapat kesempatan untuk bekerja freelance dan part time. Dimulai di semester dua ketika aku dan angga direkomendasikan oleh Kadek03 untuk freelance di salah satu software house sebagai programmer PHP (that time, we know nothing about PHP ), lalu aku diajak menjadi data entry di proyek penerimaan siswa baru (PSB) Surabaya dimana mas Robi 03 yang juga ketua HMSI menjadi PM project tersebut. PSB tahun berikutnya Andre05 menjadi PM dan aku menjadi koordinator daerah Surabaya Timur. Tidak berhenti sampai disitu selanjutnya mas robi mengajakku ikut beberapa project dan semester terakhir mas Gofur dan mas Deptha 01 mengajakku untuk proyek implementasi ERP. Semua kerja part time dan freelance yang aku dapat semasa kuliah, langsung atau tidak langsung berasal dari HMSI.

Tahun kepengurusan terakhirku di HMSI, teman teman memberiku kepercayaan untuk menjadi koordinator instruktur di event paling ditunggu di SI which is MANAGE. Jobdesc ku waktu itu adalah mengkoordinasikan instruktur manage yang akan “mengeksekusi” konsep yang sudah disusun SC. It was very fun karena sebagai KIC aku harus sering memipin forum di depan ratusan mahasiswa baru, menangani konflik internal – eksternal (create one also) dan koordinasi dengan angkatan atas dan bawah. Being KIC MANAGE 2007 its the best job ever in HMSI, i learn a lot of soft skills and its very exciting (SI 2007 pasti setuju dengan ini).

Begitu banyak yang aku dapat di HMSI bahkan tulisan ini pun tidak akan cukup. Aku belajar banyak hal soft skills dan hard skill, mendapat banyak kesempatan untuk berkembang, berinteraksi dengan teman teman yang keren bahkan diriku berkesempatan untuk melihat pak SBY dan Bill Gates di Jakarta bersama delegasi ITS lainnya. Bisa aku bilang HMSI adalah investasi waktu dan tenaga terbaik yang pernah aku lakukan sampai saat ini, i get a lot investment return from it.

“Hentakkan kakimu kepalkan tanganmu bulatkanlah tekadmu”

Untuk mahasiswa baru SI / calon anggota HMSI, my best advice for you as an alumni is to join HMSI. Apakah kalau tidak ikut HMSI masa depan tidak akan cerah dan sukses ? tidak juga, karena itu tergantung diri kamu sendiri but im sure you will miss a lot of exciting experience if you dont. Kenapa tidak ikut organisasi yang lain ? yes im sure there will be lot of organization you can join tapi HMSI adalah yang paling dekat karena levelnya jurusan. Apa yang aku dapat kalau join HMSI ? apa yang aku tulis diatas dan yang pasti lebih banyak lagi, karena at the end of the day HMSI memberikan kamu kesempatan, bagaimana menggunakannya itu tergantung pribadi masing masing.

Untuk pengurus / anggota HMSI sekarang, semangat guys!. Believe it or not you are having one of your best time in your life. HMSI mungkin tidak bisa memberikan kompensasi langsung seperti uang atau penambahan nilai kuliah untuk kontribusi teman teman sekalian tapi suatu saat nanti all will be coming back to you, and you wont regret it.

Terima kasih sudah membaca tulisan ini, semoga sukses untuk semuanya. At the end of the day jika AC di ruangan kantor mulai terasa dingin, aku akan selalu ingat panasnya ruang keluarga HMSI ketika puluhan mahasiswa berdesakan rapat didalamnya.

“vivalah slalu jurusan yang kucinta, sistem informasiku”

Kiki Ahmadi – x5205100064
ex staff divisi riset HMSI periode 2006-2008
ex Koordinator Instruktur Masa Pengenalan Generasi (MANAGE) 2007
Next Generation Intelligent Network (NGIN) Operation Engineer – Celcom Axiata Sdn Berhad, Kuala Lumpur Malaysia

NB : untuk informasi lebih lanjut mengenai HMSI, tanyakan saja pada mahasiswa SI terdekat hehe. Feel free to discuss with me regarding this post, check about me for my contact info.

Posted by Kiki Ahmadi

Professional in Telco and Digital industry in Indonesia | Currently pursuing master's degree in Innovation Management and Entrepreneurship in University of Manchester

23 Comments

  1. Muhamad Nur Taufix October 24, 2010 at 5:38 pm

    Jaketku mana mbel.?? 😀

    gw tambahin ya men.,

    “just like what you said, bisa nambah temen n nambah ilmu..”

    Menurut gw ni paling bermanfaat banget.. Coba klo misal lu ga kenal deket ama temen2 or senior lu.. Pasti klo tanya sesuatu ga langsung di jawab. Nah being part of KMSI/HMSI, you can know each other and know how to work as a team.:) Ni bermafaat bgt, terutama waktu TA.

    Dan the greatest advantage is i can go to another country dengan dibayarin. 🙂

    *Well think again*

    Reply

  2. “Kenapa kamu harus ikut HMSI”
    well written mas Kiki..:)
    u describe it so perfectly!

    Reply

  3. bisa jadi pemandu pun karena HMSI, alhamdulillah.. semakin banyak lagi pelajaran dari situ 🙂

    Reply

  4. @ restia & che
    iya mau aku tulis jadi pemandu, tapi ntar panjang banget. Pemandu whatever. thanx resti

    @ophex
    sial lo, ke Australi pake duit negara udah gitu masih nagih jaket lagi hahahah

    Reply

  5. Hmm, tentu tentu. Sejak awal aku dulu berpikir intinya di “kesempatan”. Dan memang, lebih terbuka lebar dalam hal kesempatan.

    Yah, memang di tengah jalan aq gak terlalu concern sama HMSI. Tapi setidaknya kesempatan-kesempatan yang ada cukup memberi kesan 😀

    Reply

  6. Assl,terus terang stelah mendengar crita2 ttg manage taun2 lama,saya kagum.mungkin mas sndri jga tau kualitas pengakaderan kyk skrng sprti apa.yah d mulai angktan saya,saya sndri msh kurang,memang sih kesel ngeliat kelakuan senior *hahaaha*,tp ya memang bgtu adanya sistem,menurut saya sistem d SI agak lebih mendingan ketimbang jur lain.setiap kejadian pasti ada makna,namun yg saya tda hbis fikir,knapa sih *rujak* bgtu anti,dan selalu menganggap HMSI sebagai anak buah d setiap acara yg d adakan jurusan,terbukti ketika saya mengadakan wiuda 101 kmrin,kalo bleh d blg…alamak,cukup susah buat minta coretan d sudut kan bawah.acara itu berbarengan dgn parent gathering dan isu punya usut,katany PG cma d handle dgan -urang lbih 3 org.alhmdllah wisuda berjalan lancar,cma telat acara,krena wisudawan bru keluar graha 30 mnit lebih telat.sdgkan PG??sound system mati idup trus *klo gk slah tepat pada saat rujak ngomong*.hmm,terima kasih mas bwat tulisannya.tukean link ya.hehehe.sukses slalu…

    Reply

  7. @aulia08018 .. setiap manage itu beda untuk setiap angkatan karena emang kondisi internal maupun external nya beda, manage hanyalah sebuah accelerator tool agar mhswa sanggup bertahan dan berkarya di dunia kampus ITS.

    dulu pas kuliah ngerasa kampus adalah rumah kedua dan kmsi adalah keluarga nya, dan yang jelas i wont regret a thing being there.

    mulai dari manage nya outbound nya kpp nya lalu diteruskan dengan masa-kepengurusan nya yang bisa bikin stress, ga nafsu makan, marah2 ga jelas, yet it was fun and full of great experience.

    oww … i was categorized as a geek ya? … hehehe
    given that i was the head of geek division back then (lol)

    Reply

  8. Suangarr…, mas, boleh ijin copy ya kalau sewaktu-waktu dibutuhkan..? hehehehe….

    Reply

  9. Another nice post,man…

    Ane ga usa komen lagi tentang isinya, uda terwakili kayaknya…

    Btw, gaya bahasa penulisannya kok jadi beda yah?!

    Reply

  10. bwahaha..yeah, i guess it’s not enough to share all of your experience for being a part of KMSI (or HMSI) in a post 😀
    semoga postingan ini bisa menginspirasi dan ngasi semangat lebih bwt pengurus skarang 😀

    Reply

  11. @diaz
    silahkan silahkan, this post is for you also kok 😀

    @Nova
    beda gimane cuy ? 😀

    Reply

  12. Can’t find the right words except nice writings. Kalo ada jempol buat nge-like udah ku-ilke ini :mrgreen:

    Reply

    1. kan bisa di like ndu, tuh tombol diatas

      Reply

      1. Mana? Ga ada deh.. atau saya kurang teliti ya? Soalnya lama ga pake template ini

  13. “Aku berkenalan linux dari Noval 04 dan Hariste 03, network dan general IT dari Jay & Pri 03, Java dari Mas soni & mas poleng01, mas irfan03.”

    jasit networkin & general IT pek
    untung jek durung MLM & general trading

    Reply

    1. Protes ae iki ah, sek untung ditulis hahaha

      Reply

    2. iku lak awakmu jay, kerjaane dadi merchant ae…

      Reply

  14. HMSI.. how are you today?

    Reply

  15. Mas salam kenal, saya dari Sistem Informasi 2010…

    Setelah membaca post anda,saya jadi makin yakin dan makin mantab di SI dan memasuki HMSI
    terima kasih mas..:-)

    Reply

  16. maasss ntar buat ditaruh di majalah ku edit2 dikit gpp ya artikelnyaa hehe :D??

    Reply

    1. Aparamitadila July 4, 2011 at 7:40 am

      Setuju sama mbak berta, bagus nih tulisan mas kiki dimuat di gengsi buat motivasi semuanya 😉

      Reply

  17. Well written Sir!
    PS: I’ve read this post a long time a go. But I didn’t post a comment I guess. And I’ve been trying to write a post about HMSI,but I always ended up writing a very long post.

    Being KaIC,pemandu,or a staff in HMSI (KMSI then) was indeed a very wonderful experience. It made my college years awesome! I do miss it once in a while. And yes,join HMSI would be a very good decision.. 😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s