Post After Hiatus : Final Project Completion

Walls of carnage surround your weakness
Crash down like oceans, wait for the light
In total darkness, drowning in bleakness
Awaiting death’s grip, cry out for life
                  – Torn Between Scylla And Charybdis , Trivium

Salah satu phrase bahasa inggris yang saya suka adalah “It feels like forever”, dan memang frase itu tepat sekali untuk menggambarkan kapan terakhir kali saya menulis di blog ini. It feels like forever folks, dan sekarang saya akan mencoba untuk mengaktifkan kembali saraf menulis yang (sedikit) terbengkalai.

I will tell you about my final project. Yep, itu adalah alasan (or you can called it alibi) saya menelantarkan some things that used to be so fun (this blog included). Judul lengkap dari tugas akhir saya adalah

PENERAPAN TEKNOLOGI MASHUP PADA APLIKASI PARIWISATA BERBASIS WEB NUSANTARAVIEW  : EVEN, CUACA DAN MULTIMEDIA.

Phew, sounds complicated huh ? tapi tidak sesusah judulnya kok. Bahkan saya merasa TA ini sebenarnya simple and i have to say it folks, its really fun :). Modal untuk kelulusan saya di semester ini adalah sebuah aplikasi pariwisata berbasis web bernama NusantaraView. Aplikasi ini berbentuk sebuah komponen Joomla, dan plus pointnya adalah pemanfaatan teknologi mashup untuk sumber konten pariwisata di dalamnya. Dibawah ini adalah asrsitektur sistem dari NusantaraView.

Konsep dasar dari NusantaraView adalah aggregasi konten informasi pariwisata yang tersebar di internet. Negara Indonesia kita tercinta ini kan kaya banget tuh bro kebudayaan dan objek pariwisatanya, bahasa daerah aja ada 300. Nah idenya adalah gimana informasi pariwisata mengenai suatu objek yang sudah tersebar sporadis itu bisa dikumpulkan dalam satu layar. Tujuannya supaya memudahkan penggiuna untuk mendapatkan gambaran seperti apa objek wisata yang akan dituju. Di bawah ini adalah screenshot dari halaman objek wisata, anda bisa utak utik aplikasinya di alamat NusantarView diatas.

NusantaraView didevelop oleh 5 orang codemonkeys laboratorium ebisnis Sistem Informasi which is Angga Rajasa, Taurisa Wijaya, M Nur Taufix, M Rohmatulloh and ofcourse me :). Pengerjaan di bagi bagi kedalam berbagai modul, dan saya kebagian modul cuaca,acara dan multimedia. Development di lakukan menggunakan PHP dengan Joomla Framework, sementara mashup di kembangkan menggunakan Open API dan Yahoo Pipe.

wuahh, so much to do for this post. i promise ill write more about NusantaraView later. for now i will celebrate this final project completion with my friends. we will watch Merantau at cinema :D.

gotta go folks

Advertisements

4 thoughts on “Post After Hiatus : Final Project Completion

  1. wah! keren banget tuh Ki!

    Dengan ini, n promosi web yg satu ini, turis bisa dengan mudah bikin travel plan. Dan juga, of course, obyek pariwisata yg laen, yang sama bagusnya ama Bali, bisa terekspos!

    Two thumbs up for you guys!

    Oiya…endi link-e?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s