Beruntungnya diriku memilikimu
Berikan cahaya temani langkahku
Andai sejak dulu kau ada disini
Pasti tak akan ada cinta yang lain
–  Sejuta Bintang, Yovie and Nuno

Hari sabtu kemaren , diadakan peringatan Software Freedom Day 2008 di Wisma Dharmala Surabaya. Acara ini diselenggarakan oleh temen temen KLAS dan disupport oleh komunitas komunitas linux regional universitas seperti KOELIT dari Univ Trunojoyo dan KOLAG dari Untag.

Software Freedom Day Surabaya

Sebenarnya acaranya udah mulai dari jam 3 sore, tapi karena masih sibuk di Lab TA saya dateng sekitaran ja m setengah 5 (itupun setelah dibuzz mas didit heheheh). Ketika saya dateng suasana udah lumayan rame, udah ada sekitaran 20 lebih orang. Dedengkot dedengkot KLAS juga sudah pada nongkrong disana, ada mas arie, mas cahyo, mas dicky sebagai host , mas didit dan kawan kawan lainnya.

Tidak beberapa berselang dimulailah sesi workshop, kali ini materinya adalah Remastering linux dan pematerinya tidak lain dan tidak bukan adalah kolega saya si Rotua Damanik. Remastering linuxnya pake reconstructor, jadi inget semester lalu waktu masih jadi koordinator praktikum Sistem Operasi. Pemaksaan final project remastering linux ternyata efektif karena beberapa praktikan (Dustin dkk) sukses jadi juara 3 PIMNAS di Semarang kapan hari bermodal reconstructor doang.

Suasana Workshop

Momen menarik terjadi ketika sesi tanya jawab, mas Cahyo yang hidup-matinya Debian mulai menyerang si Rotua yang Ubuntero dengan pertanyaan seperti dibawah :

Bisa enggak kita buat distro yang jalan di spek kompie rendah pake reconstructor, saya ndak punya uang bwat upgrade kompie soalnya

Rotua tampaknya mulai tersudutkan. Bendera mulai diangkat dan genderang perang antar distro pun mulai berbunyi. Untuk mencegah terjadinya pertumpuhan darah lebih lanjut , saya menengahi.

“Bisa kok mas pake reconstructor bikin distro ramah resource, di reconstructor kan ada menu command linenya, masuk ke situ terus lakukan LFS….bener kan Rot ? heheheheh”

Semuanya tenang dan semuanya senang. Susah emang klo debat antar distro di komunitas linux, sperti kata mas paejo semuanya pengen jadi raja di kolam masing masing heheheh. Klo kamu mbel ? i tend to be a technolgycal opportunist. Moderator milis java tapi TA pake php, id ym gembel_linux tapi nulis blog ini pake XP heheheh.

Waktu buka puasa pun menjelang, dan kita semua pun makan makan. Es buahnya menggoda dan risolesnya enak. Setelah itu kita sholat berjamaah di mushola basement wisma dharmala.

mas dicky beraksi sebagai host

Acara berlangsung sampai jam 7 malam tepat setelah wejangan dari Dr isnaini dan Pak Noor Azzam. Setelah pamit pamitan, cabut deh saya.  Overall cukup menyenangkan, semoga acara seperti ini rutin diadakan deh.

btw kemaren yang dateng cuman dari komunitas linux aja yah, cuman saya doang nih dari java user group :).

Posted by Kiki Ahmadi

Professional in Telco and Digital industry in Indonesia | Currently pursuing master's degree in Innovation Management and Entrepreneurship in University of Manchester

5 Comments

  1. ITS (gag ngomong PENS) gak ono komunitas linux yo mas… padahal gak sedikit anak ITS yang bisa Linux

    terutama Sistem Informasi,, bisa dijadikan usulan buat bikin UKM tuh di Sistem Informasi… masalah resource dan minat kan insya allah tersedia…

    gimana mas ?? ad usulan ??

    Reply

  2. Hahahaha… mas CP memang ada2 saja, saya ga nyangka kalau yang nanya adalah mas CP loh, soalnya selama ini cuma kenal di milis sama YM doang, belum pernah kopdar… hehehehe….
    untung ditengahi sama kamu…….

    Reply

  3. Beautiful moment

    Reply

  4. Seru…..seru….

    Ga mau kalah sama Jakarta ya???

    Eh, awakmu SCA ta?
    Keren pek….!

    Reply

  5. waduh … ga melu rek… ketokane seru …. :((

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s