Remastering Ubuntu Praktikan Sistem Operasi

Although we’ve come to the end of the road
Still I can’t let you go
It’s unnatural, you belong to me, I belong to you
Come to the end of the road
Still I can’t let you go
It’s unnatural, you belong to me, I belong to you
– The End Of The Road, Boys II Men

Semester 6 berakhir , pertanda berakhir juga tugas saya sebagai koordinator assisten praktikum Sistem Operasi. Dua tahun sudah pekerjaan sebagai assisten praktikum sisop saya jalani dengan penuh suka cita, celaan , sindiran dan makian hehehhe. Dan sudah saatnya saya gantung distro , semester ini adalah yang terakhir bagi seorang linuxgembel untuk menjadi asisten.

Distro Cium : Just Kiss The Distro

Seperti tahun tahun sebelumnya praktikum selalu ditutup dengan final project yaitu meremastering distro. Dan untuk semester kali ini, tim assisten sepakat untuk memberikan remastering distro ubuntu dan praktikan diberikan kebebasan untuk menggunakan berbagai macam tools seperti Reconstructor dan kawan kawannya. Hasil kreasi dari para praktikan sisop ini ternyata keren keren. Sebelumnya saya beberapa kali mendengar keuhan tentang kesulitan praktikan dalam melakukan remastering, oleh karena itu ekspektasi sang pemilik blog ini pun tidak terlalu tinggi. Bisa di booting saja udah cukup bagus kok.



UNTUMU : Ubuntu Untuk Semua


Deadline pengumpulan tiba dan tim asisten mulai menilai hasil kerja keras para praktikan, sebagian besar distro berhasil berjalan dengan sempurna. Konsep yang ditawarkan pun cukup menarik, lucu ucu juga. Seperti distro CIUM (Cium Is Ubuntu Modification , recursive acronym ?) yang bisa dilihat skrinsyutnya diatas. Ada juga distro UNTUMU dengan lambang pinguin gigi gondrong yang sukses bikin saya ngakak.

Sebagian besar distro yang disubmit bisa berjalan dengan baik dan benar walaupun mirip mirip satu sama lain . Beberapa distro saya berikan nilai perfect karena cukup unik , berbeda dengan yang lain atau aplikasi yang ada di dalamnya cukup menarik.

Seperti distro MANUX yang dibuat oleh Helvea Rezano Dkk ini. Mereka mendevelop sebuah distro yang fokus pada game. Aplikasi yang ada di dalamnya berisi berbagai macam game kecil kecil yang adiktif.

MANUX : Maen Linux

Top abis!! dan kemaren temem temen 2007 yang distronya paling keren saya rekomendasikan untuk mengikuti lomba Open Source Software di PIMNAS.

Gimana soal nilainya ? kalau hasilnya distronya keren keren kayak gini cingcay laah..heheheh. Salut sekali lagi buat temen temen praktikan. Dan tahun terakhir saya menjadi asisten pun ditutup dengan manis. Sukses bwat distro temen temen, semoga menang di PIMNAS.

Sekian dulu tulisan saya. Have a nice day semua.

😀

Posting Terkait :

Advertisements

One thought on “Remastering Ubuntu Praktikan Sistem Operasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s