If I turn into another
dig me up from under what is covering
the better part of me.
Sing this song
remind me that we’ll always have each other
when everything else is gone.
– Dig, Incubus

Setelah menghabiskan hampir 3 jam untuk koreksi laporan praktikum dan tugas pendahuluan temen temen praktikan sisop, beberapa laporan ternyata dibuat dengan sangat bagus dan amat sayang klo dibuang. Beberapa dari temen temen praktikan ini mengerjakan tugasnya dengan niat dan ini terlihat dari hasil laporan praktikum yang dihasilkan.

Laporan Praktikum

Saya ambil contoh modul 2. Modul 2 ini adalah instalasi dual boot linux windows, laporan yang dihasilkan oleh teman teman dibawah :

  1. Panditya Wirangga 5207100057 (Adek NRPnya Purnama Anaking, muka cerdas wekekeke)
  2. Titus Irma Damaiyanti 5207100080 (nampang di posting ini)
  3. Pramuditha Sintha DP 5207100035
  4. Khairu Rahman 5207100030
  5. Faza Nailul Muyzia 5207100025 (Laptopnya sama , Lenovoers)
  6. Dustin DB 5207100073 (select * from database where database= “DustinDB” exclude database=”MySqlDB” hehehehehe)
  7. Adityan Novananda 5207100053 (set defaultMuka=”senyum”, mesem ae rek)

jelas, runut, disertai penjelasan dan gambar sehingga membuat pembaca laporannya menjadi paham (amieen).

Kiri  – Laporan Titus : Penjelasan Pembagian Partisi Instalasi Ubuntu
Kanan –  Laporan Pandit  : Setting VMware

Laporan yang keren keren ini amat sayang klo cuman dijadikan nilai di lembaran penilaian excel saja. Dari pertama kali utak atik linux awal awal kuliah mulai aktif di klas dan sampai sekarang gak aktif lagi (Ampun mas arie!!! T_T) instalasi dual boot Windows – Linux masih banyak lho yang nanya dan kebingungan caranya.  Dan didepan saya ini terdapat laporan praktikum yang berpotensi untuk dijadikan modul atau bahkan buku kecil (buklet). Adanya kesempatan dan potensi ini sangat eman klo tidak dimanfaatkan.

Mungkin teman teman dari pengurus KMSI (himpunan mahasiswa jurusan sisitem informasi) bisa membuat modul untuk dijual pada saat pelatihan, pada saat penerimaan mahasiswa baru, PIMITS atau pameran pameran lainnya. Praktikan sisop ini kan sebagian besar angkatan 2007 yang notabene merupakan penerus KMSI dan potensi intelektual yang mereka miliki ini merupakan aset besar yang harus dikelola dan difasilitasi demi kemajuan bersama (halah, kok jadi sok bijak).

Laporan Dustin : Setting BIOS

Selain laporan sisop, laporan praktikum lainnya juga banyak yang bisa dijadikan modul atau buklet. Praktikum algoritma dan pemrograman misalnya, lumayan tuh bisa dibuat pelatihan java basic. Hal seperti ini yang belum disadari dan dimanfaatkan di lingkungan jurusan Sistem Informasi. Banyak orang pinter disini sayang kan kalo pinternya gak dibagi bagi.

Laporan Nova : Setting GRUB

Dulu waktu di KLAS, Untuk nyari yang mau bikin modul pengenalan Linux aja setengah mati ya kan mas Arie ? hehehehe. Nah di kampus ada banyak laporan sama tugas pendahuluan nih, lumayan klo dijadiin modul. Mungkin ada temen temen pembaca sekalian yang tertarik untuk mensponsori atau butuh modul buat pelatihan ? hubungi aja nama nama diatas. Atau kalo gak Ym saya aja deh liat di halaman CV di blog ini, ntar saya redirect dengan teman teman praktikan sisop yang keren keren ini.

Sekian deh uneg uneg saya. Keep Innovative Folks!!.

: )

NB : Saya minta lisensi untuk menampilkan gambar hasil karya laporan temen temen ya ? titus ? dustin ? faza ? nova ? yang lain ?. GPL gak nih ? atau proprietary ? heheheh

Posted by Kiki Ahmadi

Professional in Telco and Digital industry in Indonesia | Currently pursuing master's degree in Innovation Management and Entrepreneurship in University of Manchester

18 Comments

  1. skali2 numpang komen yah mbel : wuah… hidup nrp 057… hehehe… piss ki’…

    Reply

  2. keren nih. bagi-bagi file softcopy/pdf-nya dunk biar bisa bermanfaat untuk orang lain. daripada dipake bungkus kacang atau file aslinya masuk recycle-bin. itung2 berbagi ilmu dengan yang lainnya gitu. gratisin aja (atau pake cc licence) pasti banyak yang suka, hehehe..

    Reply

  3. @ Purrnama

    wekekeke…

    @ Agi Putra Kharisma

    iya nih bang..
    minta izin dulu saya sama praktikannya ini..

    🙂

    Reply

  4. Ide bagus, Mas!
    Dijual untuk PIMITS… kayaknya tahun depan harus bisa direalisasikan deh! Biar standnya SI ga sepi ato kayak konter hape.

    Hmm… mahasiswa SI memang hebat ya!
    Sebenernya kita-kita yang laen juga pingin buat kayak gitu. Tapi apalah daya, terkendala fasilitas dan pengetahuan. Yang ga punya VMWare-lah, yang ga punya Ubuntu-lah, yang ga punya laptop-lah, yang memori komputernya ga cukup-lah…(curhat).

    VTW makasih ya mas, udah ikut gabung di Ikut Nulis Yuk! Sebuah halaman yang ga jelas ceritanya. Kalo bisa mas Kiki lanjutin commentnya biar pengunjung yang laen ga nulis yang aneh-aneh.

    And for the last,
    Sukses buat UAS-nya, Mas Kiki!
    Moga2 semester ini Mas Kiki mendapatkan apa yang selama ini diperjuangkan.
    GANBATTE!

    Reply

  5. @lamwaher

    hmm

    klo kamu nyebutn alasan macem ga ada komputer…vmware…macem macem…opo maneh memori gak cukup…its just another bullshit yang gak akan ada seorang pun yang peduli dengan semua itu..

    itu berarti kamu belum cukup dewasa buat terima tugas..

    kasarane…
    manja..masih ngerengek rengek

    hehehehehehe..

    alasan kayak gitu menurutku basi banget…

    buktinya..

    yasin yang tiap hari ngerjain di lab…laporannya yang aq koreksi nilainya 100 kalo gak 90…

    🙂

    bahkan dari yang aq alami sendiri diluar kuliah..
    alasan itu menunjukkan lemahnya mental seseorang..semakin banyak alasan semakin lemah mentalnya…heheheh

    so ? apakah temen temen akan tetep gini gini ajah?

    🙂

    semangat semangat

    @ hanggadamai
    yeee…gue kan asdosnya

    Reply

  6. bole bole
    dishare, dijadiin modul, di pdf in ato terserah dibikin apa,,sembarang asal jangan dibakar aja :mrgreen:
    biar bermanfaat buat orang lain 🙂 amien

    SMANGAT buat semua…

    Reply

  7. Hm, pencerahan!
    Terima kasih sudah menyadarkan aku, Mas!
    Harus lebih keras lagi nih!
    SEMANGAT!

    Reply

  8. hehehe…jd malu.

    gk ppa kq, 110% OPEN SOURCE.
    Hidup OPEN SOURCE!!!!!!!!

    Btw, klo d tnya knp kq
    set defaultMuka=”senyum”
    cz klo tk kasi
    set defaultMuka=”gembel”
    gak bisa mas, error trus.^_^
    Piss mas,,,

    Reply

  9. yo ngunu bos, ben gak sia-sia ngerjainnya….

    Reply

  10. iyah…keren tuh…
    biar ilmunya bermanfaat buat orang-orang lain
    juga untuk membantu orang-orang di luar sana yang sedang bergelut dengan Linux (baik dengan terpaksa maupun sukarela)
    karena berdasarkan pengalaman pribadi, cari referensi buat praktikum satu ini susah banget (maksudna, referensi buanyak,, tapi jarang yang pake bahasa manusia… T-T)

    bytheway eniwei busway ondeway stairway nih yee…ko’namaku ngga ada yah?? :p heheeh
    emang temen2ku pada keren2 semua…

    Reply

  11. Akhirnya! Suatu apresiasi bagi laporan! Umm.. Lalu apa ya yang kira-kira akan terjadi dengan laporan yang tidak disebutkan yah? Yang sedeng2 aja gitoe. Ngenes aja kadang-kadang liat tumpukan laporan/tp di Lab.. 🙄

    Reply

  12. uoghhhhh….

    saatnya beli harddisk baru buat laptop keramat…

    hahahahahaha

    Reply

  13. Wah kie. Anak didikmu keren2 yo.
    Enggak kayak anak didikku pada malesan.
    Hehehe.

    Hebat….. Hebat…. Salut Deh

    Salam

    Jasoet

    nb: oh yo blogku ganti ke
    jasoet.wordpress.com

    Reply

  14. aslm..

    duh,,baru skali buka blognya mas neh..

    gara2 dkasih tw mas Wahyu KLAS klo namaQ dipampang..

    thx ya mas…
    jd malu neh…

    hehe…

    tapi…

    huu…

    dasar!laptopnya tiru2!

    huu…

    kirain cuma aQ seorang di SI yang pke lenovo…

    ga pa deh!!!

    moga pintere nular juga!

    hehe..
    jo GEER mas!!

    Reply

  15. Jakarta, Agustus 2008

    Hal : Nominasi e-Learning Award 2008

    Kepada Yth:

    Pengelola web https://linuxgembel.wordpress.com/

    Dengan Hormat.

    Berdasarkan hasil review kami terhadap berbagai situs edukatif yang ada di Indonesia, kami beritahukan bahwa situs https://linuxgembel.wordpress.com/ masuk dalam nominasi e-Learning Award 2008 yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional (Pustekkom Depdiknas).

    Untuk keperluan penilaian lebih lanjut yang akan dilakukan oleh Dewan Juri, mohon kiranya anda melengkapi formulir pendaftaran yang dapat didownload di http://www.e-dukasi.net/elearningaward . Batas pengembalian formulir pendaftaran tanggal 31 Agustus 2008.

    Demikian surat ini kami buat, semoga anda dapat berpartisipasi. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Hormat kami

    Panitia e-Learning Award 2008

    Kontak Person:

    Hendro Gunarto (021-99174560 atau 08128155562)

    Adi Gama (021-92233166 atau 0818 686220)

    Reply

  16. salam kenal………..???

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s