Starting to learn Java Mobile With Netbeans 6

Mungkinkah kaupun juga begitu
tau kau masih maLu untuk
sungguh ingin kusapa
namun
ku terdiam
tak kuLakukan
– Terdiam, Malique And Dessentials

Beberapa hari menjelang UAS nih bro. Hari hari kritis dimana sebagian besar mahasiswa digilas oleh tugas bertubi tubi sebagai sesajen pada dosen dupaya terhindar dari jurang ketidak lulusan, hehehe. Tapi disaat kritis seperti ini pun, saya masih belum sepenuhnya konsen ke kuliah  yang part-time semester ini.

Ada ajakn dari seorang teman buat bikin game mobile. Awalnya rada ragu dan keder soalnya belum pernah utak atik java mobile. For the sake of the development of indonesian IT human resource (hueeek), akhirnya saya nerima juga tawaran itu. Mulai bongkar bongkar flazx deh saya buat nyari ebook mobile development. Salah satunya yang  berhasil saya download adalah ini.

Bisa didapatkan secara gak bener disini

Setelah dapet ebooknya, mulai deh memanaskan IDE satu-untuk-semua Netbeans 6.0. Karena IDE ini sepengetahuan saya terdapat fitur Mobile Developmentnya. Oke, mulai deh oprek kecil kecilan.

Netbeans6.0 menyediakan fasilitas lengkap buat newbie seperti saya yang ingin mencoba games development pake java. Jika menginstall netbeans 6 yang full version atau yang mobile version, sudah terinclude didalamnya Sun Wireless Toolkit beserta Emulator hapenya sekalian. Dan yang menyenangkan terdapat fasilitas Visual Game Editor.

Saya mencoba buat project yang tipenya mobile. Pada source folder (/src), di klik kanan.

Visual game design

Terdapat opsi Visual game design disitu. Di dalam Visual game design terdapat 3 opsi utamayaiut Scene design, Tile design dan Sprite design. Saya masih meraba raba mengenai 3 item ini tetapi kesimpulan awal yang saya dapet Scene itu “adegan” pada satu layar didalam game, Tiles adalah background atau landmarknya dan Sprite adalah gerakan yang terjadi dalam game.

Visual game editor pada netbeans 6.0.1

Untuk pembuatan sprite misalnya, menu yang ditawarkan oleh netbeans cukup menarik. Seperti pembuatan Form Swing yang tinggal drag and drop, untuk membuat sprite tinggal geret saja gambar yang diload terlabih dahulu dan tempakan pada tiimeline canvas. Netbeans akan membuat sprite gambar tersebut secara otomatis seperti yang fitur Motion Tween pada Adobe Flash. Yang saya coba dibawah menggunakan paket gambar sample dari netbeans sendiri.

Sprite editor

Cukup Mudah ternyata untuk sekedar membuat karakter berjalan. Framerateya juga bisa diatur di sini.

Masih sebegitu ajah explore saya untuk hari ini temen temen. Masih donlot SDK Symbian, mau develop di Hape Nokia soalnya. Kalau ada hal menarik akan saya coba posting lagi. Thanx for reading temen temen.

Keep In java.

🙂

Advertisements

6 thoughts on “Starting to learn Java Mobile With Netbeans 6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s