Project : Presentasi di Tretes

Dan kini kubergegas tuk segera siapkan diriku
tuk mulai menjalani hari ini
Tak sabar ku temui seluruh sahabat yang tersenyum
menyambut datangnya pagi ini
-Selamat Pagi , RAN

Wah, capek banget hari ini. Dan dengan sukses gak masuk dua mata kuliah hari ini. Capek gara gara kemaren diculik supervisor saya ke tretes. Apa saja yang terjadi kemaren? Apa yang terjadi hingga gembel_linux tidak masuk dua mata kuliah? HALAH!!!

Tretes
front end hotel inna tretes

Alkisah hari minggu kemaren, diknas jatim ada rapat di Hotel Inna Tretes.  Apa hubungannya dengan mas gembel yang keren satu ini?. Salah satu program kerja diknas jatim  tahun ini adalah mendevelop digital library di setiap kabupaten kota di propinsi.  Digital library dibuat dengan menggunakan CMS yang bernama GDL (Ganesha Digital Library) , yang mbuat orang ITB.  Nah, saya sama Robi Baskoro kebagian tanggung jawab untuk mengoprek CMS tersebut. Definisi oprek adalah : Bikin manual, expand dan melihat probabilitas untuk melakukan kustomisasi. Jadwal hari minggu buat kita berdua adalah presentasi dan workshop di depan perwakilan 38 kabupaten / kota Jawa Timur.

Perjalanan suci dengan membawa source code GDL yang telah dimodifikasi dimulai pada hari minggu pagi. Sebenarnya me and my boss (YAP!!!!, malam minggu ke luar kota berdua )  sudah berangkat malam minggu, tetapi karena di porong macetnya sudah gak manusiawi lagi (Robi Said : Iki Wes gak FEASIBLE!!!). Balik kucing deh ke rumah robi dengan sumpah palapa bakalan berangkat besok pagi buta . Bangun jam 5 pagi, mandi dan berangkat dengan iringan lagu RAN – Selamat Pagi.

Sampai di tretes jam setengah 7 an. Lokasi hotelnya rada nyelempit menurutq, untung ada palang gedhe yang menunjukkan pintu masuk nya.  Setelah parkir, turun dari mobil dengan membawa peralatan perang (laptop) lalu melihat kesekitar. Ini lebih cocok disebut villa deh dari pada hotel, kurang “hotel” untuk disebut hotel.


Parkir

tempat parkir dan mahluk tidak dikenal

Anyway, langsung masuk ke hotel. Disambut oleh Pak Hudiyono dan Team ICT jatim lainnya. Langsung deh disuruh sarapan, ajiibb!!!. Karena menurut jam tubuh saya terlalu pagi untuk sarapan, akhirnya saya cuman nyikat a cup of nice milk coffee. Berasa eksekutif deh, pagi pagi udah ngopi di lobby hotel (padahal cuman kuli sopware) hehehehhe.

Kupi
java coffee for java programmer

Di lobby nya ada semacem balkon gtu. Pemandangannya lumayan keren dan hawanya juga dingin banget.

dsc01905.jpg

Mountain scenery 

Kita dapat slot presentasi sektar jam 11 sampe jam 3 siang. Sambil menunggu waktu eksekusi, saya jalan jalan keliling hotel. Kurang terawat menurut saya hotelnya, padahal suasananya udah enak dan dingin. Yang paling terlihat kurang terawat adalah WCnya. Katanya hotel tapi lebih bagus WC nya Teknik Industri ITS (lho kok tau??). Selain itu saya juga sempet survey ruang tempat ntar presentasi.

dsc01912.jpg

Bukan pengadilan agama

Akhirnya jam 11 tiba, kita mulai presentasi. Problem paling dahsyat yang kita hadapi pada saat presentasi adalah : 1/4 dari peserta workshop memakai laptop yang ber OS Vista. Loh!! mang kenapa? Ternyata XAMPP yang saya bawa dari surabaya, gak kompatibel sama vista. Alhasil gak bisa di start deh Apache ama MYSQl nya. Wah keadaan sempat panik tuh, untung peserta wokrshopnya gak ada yang lari keluar. Alhasil sebagian besar waktu presentasi termakan untuk menerangkan bagaimana cara mengakali instalasi XAMPP dan GDL nya. Pdahal menurut saya yang harus difokuskan adalah CARA MENGGUNAKANNYA. Aplikasi GDL nantinya pasti akan diinstal di web server, dan saya jamin gak pake VISTA. Tapi peserta workshop tetep aja panik karena gak bisa nginstall

hmpfhhh

Akhirnya setelah 4 jam,  presentasi yang benar benar melelahkan itu pun berakhir. habis maghrib , saya dan robi pun mohon pamit buat pulang ke kota surabaya tercinta. Sampai di surabaya sekitar jam 8 an malem.

Balik ke surabaya temen temen. Dimana tugas dan kerjaan kembali memanggil.

dsc01899.jpg

Narcism Unleashed

Thanx buat semua pihak yang sudah mensukseskan workshop kemaren.

  • Robbi : Still lot of stuff to do boss!!!
  • Hotel Inna : kopinya enak!!!
  • Nuke : Thanx dah nemenin dan ngasih notulensi, very kind of you
  • Nendy : wah suwun lho nen udah jadi assisten dadakan. Sangat membantu : )
  • Team ICT Diknas Provinsi Jawa Timur : You guys ROCK!!! Semangat BRO!!!!

Demikian deh laporan saya. Tetap semangat, disetiap hari sampai nanti sampai mati (letto banget). : )

Advertisements

6 thoughts on “Project : Presentasi di Tretes

  1. Semester ini bikin saya benar-benar capek and bete coz KKN di Kandangan Benowo, wuihhh jauh banget, mana masyarakatnya banyak yang gaptek lagi…uhhh I’m very tired…

  2. iya..
    ko’ vista ga bisa apa2 gitu..
    pas lomba dulu juga sampe pusing demam mata merah (ya itu saya soalnya lagi flu hweheheh) keliling2 WM gara2 vista
    *grrrr*
    ga dibilangin lagi…
    tau gitu kan bawa laptop yg XP1..

    intinya:
    GAK USAH BELI VISTA!
    xixixixiixi..
    *evil laugh*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s