Jumat : Penawaran Judul TA

Me and all my friends We’re all misunderstood
They say we stand for nothing and There’s no way we ever could
Now we see everything is going wrong With the world and those who lead it
We just feel like we don’t have the means To rise above and beat it
– Waiting On The World To Change, John Mayer

Tulisan ini dibuat setelah melihat tempelan di papan pengumuman jurusan. Tempelan ini berbunyi seperti dibawah.

PENAWARAN JUDUL TA
BIDANG MINAT E- BUSINESS

WAJIB  HADIR BAGI ANGKATAN 2005

Jumat , 22 Februari 2008

Ada perasaan aneh aneh gimana ngeliat pengumuman tersebut. Ketika membaca baris pertama, kata kata TA atau tugas akhir terdengar seperti sesuatu yang jauh dan “asing”. Tapi begitu ngeliat baris kedua, lah saya kan angkatan 2005. Tempelan ini buat saya dan temen temen PHOENIC 05 yang lain. Tak terasa, tugas akhir sudah sangat dekat. Dan akhir perjalanan akademik saya untuk mendapatkan gelar sarjana pun semakin dekat juga.

Pada waktu perwalian kemaren, dosen wali saya yang cantik (HALAH!!) sudah mewanti wanti untuk mulai mencari judul TA.  Sebagai info saja nih temen temen, di jurusan saya ini ada 3 bidang minat:

  • Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi (bener gak? pak holil?)
  • Sistem pendukung keputusan
  • E – Bisnis.

Klo saya benernya, lebih condong ke E bisnis. Saya mempunyai ketertarikan tersendiri (bukan seksual) dengan teknologi. E bisnis di kampus saya memang identik dengan programming atau implementasi teknologi yang sedang IN.

Beberapa ide TA sudah muncul di kepala saya. Materi, ebook dan source code juga sudah nyicil bwat donlot. Diantara lain adalah sebagai berikut.

  • Sistem Terdistribusi menggunakan Spring HTTP Invoker
  • RESTful Application
  • Sistem Informasi Lowongan Pekerjaan berbasis  Opinion System
  • Integrasi ERP, pake medallion mungkin
  • Implementasi SOA

Yang diatas baru sebatas IDE dan menurutq masih general dan abstrak sekali. tergantung juga sama dosen pembimbing juga sih, ada nggak yang mau :P. Sementara ide ide diatas baru kujadikan motivasi bwat belajar doank. Kalo kepake ya syukur.

Semoga cepat lulus deh saya. Perubahan semenjak adanya kajur baru di kampus membuat saya semakin gerah dan males.  Kampus ini sudah gak seperti dulu lagi. Dimana mahasiswa masih dianggap stakeholder pada setiap keputusan jurusan. Dimana hubungan kajur dengan mahasiswa adalah bapak – anak, bukan mandor – kacung.

Semangat temen temen. Seperti kata salah satu mbahnya JUG,  Om Jos 

its not going to be like this forever 

paling parah 5 tahun kedepan lah

: P

Advertisements

13 thoughts on “Jumat : Penawaran Judul TA

  1. sama mas
    4 tahun kok

    tapi karena tugas akhir ini bisaanya di ITS memakan waktu paling lama..

    jadi disarankan bwat dari jauh juah hari sudah disiapkan gtu loh mas ridu

  2. aku dukung kalo mo ambil yang implementasi SOA… ayo buktikan pembuatan SOA “lebih bisa diandalkan” daripada di .NET…mau juga donk kalo mo diskusi 😀

    nb: disini yg .NET banget bener-bener tingkat tinggi levelnya.. sulit aku mo belajar Java.. ntar kalo dah jadi SOA nya ajarin ya..

  3. @brillie

    hyah..
    jurusan yang nawarin maksudnya

    : )
    saya aja belum dapet..

    @ hendra

    ya tinggal ditawarin aja mas

    : )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s