Review : Joomla 1.5 Stable Version

I know that this will break me
I know that this might make me cry
You gotta say what’s on your mind, on your mind
I know that this will hurt me
and break my heart and soul inside
I don’t wanna live this lie
– The Truth, Good Charlotte

Rada telat sih beritanya bro. Tanggal 22 kemaren, Joomla 1.5 sudah keluar yang versi stable. Baru tu juga waktu dibilangin sama project manager saya beberapa hari yang lalu. Apa sih yang ditawarkan sama Joomla yang baru ini?. Klo yang mau versi lengkap bisa dilihat di pengumuman resmi developernya disini.

http://www.joomla.org/content/view/4483/118/

Joomla tuh apaan sih? berikut penjelasan yang menurt saya cukup mudah dimengerti. Didapatkan dari wiki pedia indonesia.

Joomla! adalah Sistem Manajemen Konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL.

Gambar dicomot dari joomla.org.

Kemaren udah sempet utak atik bentar. Mari kita ikuti liputan saya yang berikut ini. Murni dari kacamata seorang Kiki Ahmadi (lagi lagi, LKSC!!!) . Klo mau ikutan nyoba, installernya bisa dengan mudah didonlot disini.

http://joomlacode.org/gf/project/joomla/frs/?action=FrsReleaseBrowse&frs_package_id=2

Lets start exploring this wonderful web works. Saya akan membandingkan joomla terbaru ini dengan joomla yang biasa saya gunakan (joomla 1.0.x).

Tahapan Instalasi

Tampilan dari tahapan instalasi joomla 1.5 menurut saya sangat eye catching. Sekilas terlihat seperti tren tampilan web 2.0 pada umumnya(glossy, warna pastel, kyuut!! ).

joominstall.jpg

secara umum tidak banyak yang berubah pada saat instalasi. Hal baru yang saya temukan adalah adanya konfigurasi ftp. I dont know how to use it bytheway (Tetep cupu aja lo mbel!!!). Klo temen temen udah berpengalaman dalam melakukan instalasi Joomla versi sebelumnya, saya yakin tidak akan menemui masalah berarti (terbukti dalam keadaan tidak mabuk, hehehehe) .

Default Skin Halaman Depan

Berikut tampilan default dari front end(halaman depan) dari joomla 1.5 .

joomfront.jpg

lagi lagi better improvement in design. Kotak modul disebelah kiri tidak lagi bersiku. Memberikan kesan yang akrab,cair dan tidak kaku. Tapi ini default skin nya joomla seh. Pendapat pribadi saya , sedikit ada yang make ato custom dengan base skin ini. Template template milik joomlaArt dan temen temennya lebih menggoda.

Back End dan area administrator.

Dengan mengetikkan administrator di belakang url joomla tadi , kita akan masuk kedalam halaman login back end atau area administrator.

joomback.jpg

Ada tambahan pilihan bahasa ketika kita akan melakukan login kedlam backend. Dimungkinkan juga pembedaan bahasa berdasarkan user yang login kedalam back end. Fitur yang bagus menurut saya. Jadi klo situsnya skalanya udah gedhe banget dan diakses oleh admin admin yang berbeda kewarganegaraan dan bahasa, lebih memudahkan dan menyenangkan.

Setelah login , anda akan masuk kedalam area control panel.

joombackdash.jpg

Yang menarik adalah menu tumpuk tumpuk di sebelah kanan. Jika diklik akan ada animasi buka tutup menu yang keren. klo nggak salah menu kayak gini namanya akordion ato apa gtu (yach, lupa!!!). Ajax banget deh.

Universal Installer System

Nah ini yang paling signifikan. Saya sempat bingung waktu akan mlakukan instalasi template di joomla 1.5 ini. pada joomla sebelum belumnya, menu installer dipisahkan berdasarkan Module, Component, Template, Language Pack dan Mambot. Sehingga ada beberapa menu installer.

Pada joomla 1.5 hanya ada satu menu installer. Anda akan diminta untuk membrowse file, lalu joomla akan menentukan sendiri apakah installer tersebut adalah Component, Template, Module ato yang lainnya. That is so fantastic. Benar benar memudahkan administrator dalam melakukan kustomisasi joomla.

extmanager.jpg

Bayangkan anda mempunyai sebuah lubang hidung. Anda bisa memasukkan pensil, kursi, motor trail dan vokalis kangen band kedalamnya tanpa perlu melakukan proses seleksi terlebih dahulu. Indahnya dunia.

Pilih gambar dari media manager

Pada joomla versi versi seblumnya. Adalah sangat merepotkan juika kita harus mengambil gambar dari Media Manager kedalam halaman posting. Terkadang saya harus mencatat di notepad++ URL nya terlebih dahulu sebelum mem pastenya kedalam menu insert picture pada halaman NEW (New Topic, New Category, New Item dan sebangsanya).

Masalah tersebut diatasi dengan cara yang sangat elegan di joomla 1.5. Klo kita ingin menampilkan gambar yang berada di media manager, klik saja link insert picture di bawah WYSIWYG editor. Akan muncul menu pop up yang muncul secara fade in. Bukan hanya itu saja, halaman dibelakang menu pop up tersebut akan digelapkan sehingga fokus hanya ke menu pop up saja.

addpicture.jpg

lagi lagi ide brillian dari para developer joomla. Salut deh.

Kesimpulan Si Gembel

Overall : Its Nice. Harus dicoba deh. Baik yang udah veteran joomla maupun yang baru pemula. Dengan bumbu Ajax disana sini membuat CMS ini semakin user friendly dan manis.

Oh ya, joomla 1.5 kompatibel lho dengan komponen komponen joomla sebelumnya. Tetapi harus mengaktifkan modul System – Legacy dulu. Walaupun begitu tidak semua modul disupport dengan baik oleh System – Legacy ini. Komponen Facile Form tidak dapat diakses, padahal proses instalasi sudah menunjukkan pesan sukses (Kalimat ini berirama ya? hehehe).

Para developer komponen joomla!! Monggo direlease segera komponen yang sudah full kompatibel dengan joomla 1.5. Saya sudah nggak sabar ini bwat segera berkreasi dengan senjata baru ini.

: )

Advertisements

10 thoughts on “Review : Joomla 1.5 Stable Version

  1. wedeh…
    yang 1.5 emang keren..
    pengennya yang web KMSI pake itu..
    cm kadung buat ver 1.13
    mash males pindah ke 1.5
    ntar2 aja deh

  2. Aku kok install joomla 1.5 yang default themenya cuman Home doang yang keluar. aduh, gmn ya, biar sama seperti versi 1 nya yang ada tulisan banyak, or versi 1.5 seperti gmbr di-atas!!!
    Gk ngerti ni, selalu begini.. home doang yg ada!, kalo upgrade- aku jg blm bisa.

  3. siipp,,
    Langsung donlot!!
    Tp mas,mang klo pke joomla 1.5 website yg d bwt pke 1.1x gk bs lngsung d bka ya?

    Btw, thanx bwt tutorial singkat tntang joomla kmren…
    jd “bernafsu” ngotak atik joomla skrg!

  4. saya udah coba cara memesukkan gambar yangada pada topik tanggal 30 Januari 2008..
    tp tetap tidak bisa..hasilnya malah gambar yang ada pada menu pop up yang muncul secara fade in tersebut tidak bisa di klik (utak atik) kenapa?
    mohon jawabannya dikirim ke email saya..
    terimakasih

  5. please help me frenzz…
    gmn caranya ambil file ato gambar utk disimpan ke media manager spy bisa di upload..? maklum gaptek bnr niiih….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s