Hari Inspirasi di SD Kebayoran Lama Selatan

Hari itu adalah Rabu , 25 April 2012, jam enam pagi di seputaran jalan Ciputat Raya.

Lalu lalang kendaraan tidak terlalu ramai , polisi lalu lintas pun baru datang dan bersiap untuk mengantisipasi kemacetan. Di jalan ini, yang sudah sibuk adalah manusia kecil berseragam sekolah. Bergerombolan ataupun yang diantar orangtuanya, anak anak tersebut menyebrang jalan dan masuk kedalam sebuah gang kecil yang didalamnya terdapat  kompleks sekolah dasar.

Sebentar lagi murid murid SD tersebut akan mendapat kejutan. Yang akan masuk kelas bukanlah wali kelas mereka seperti biasanya. Yang akan masuk dan memberikan pelajaran didepan kelas adalah para Inspirator kelompok 17 dari Kelas Inspirasi.

Hari Inspirasi di SD Kebayoran Lama Selatan

 

25 April 2012 yang lalu adalah Hari Inspirasi, hari dimana kelas inspirasi yang pertama di laksanakan. Secara serentak, 25 SD di Jakarta dikunjungi oleh lebih dari 200 professional dari berbagai macam lini pekerjaan. Para Inspirator kelas inspirasi tersebut akan bercerita tentang profesi mereka masing masing kepada murid murid di kelas. Selain bercerita, Inspirator juga memberikan nilai  kebaikan dan motivasi untuk bercita cita tinggi kepada para penerus bangsa didepan mereka

Aku bertugas sebagai fasilitator untuk kelompok 17 kemarin. Bersama dengan Niluh Sekar (Editor in Chief majalah Dewi), Steve Kosasih (CFO Perum Perhutani), Niesha Triaswari (HSE Engineer – Statoil), Johan Tectona (HSE Officer Astra Otoparts), Dannu Danil (Supply Chain Officer – P&G Indonesia), Robby Adiarta (pemilik Angkringan Cekli) dan juga Anita Sutjipto (IT Project – Smart Tbk), SD negeri Kebayoran Lama Selatan 03 pagi telah kami inspirasi hari itu

Murid murid yang menyambut kami dengan antusias

 

Jam 6 pagi, inspirator sudah bersiap siap di ruang guru dengan bahan bahan yang akan mereka pakai di kelas. Niesha sudah siap dengan pakaian safety lengkap, Anita dan Robby membawa LCD projector, Danu yang akan memperkenalkan supply chain dan Niluh yang membawa karikatur lucu tentang pembuatan majalah. Selama persiapan, pihak sekolah yang diwakili oleh ibu Sitorus berbaik hati sekali membantu kami.

Bermain mencari jarak termurah dan efektif bersama Pak Danu

 

6 kelas yang menjadi tempat Inspirator beraksi, kelas 1 sampai kelas 5 ( kelas 3 dua kelas). Masing masing mempunyai cara yang unik untuk menguasai kelas. Danu yang  cara berbicaranya sudah seperti guru sekolah, membawa permainan mencari jarak paling efektif. Permainan sejenis board game ini dibuat sendiri oleh Danu, hanya sehari sebelumnya. Berbekal uang mainan dengan nominal tertentu, anak anak harus memilih jalan yang tepat dengan biaya yang terendah.

Mengenalkan supply chain sedari kecil, ide yang luar biasa dari Danu. Seingatku, aku hanya dapat C untuk mata kuliah ini di kampus dulu.

Mari mengenal proses membuat majalah bersama ibu guru Niluh

 

Niluh Sekar, sang editor membawa anak anak menyelami pembuatan majalah. Tidak hanya itu, anak anak juga diajak berprakarya membuat majalah mereka sendiri seperti membuat scrapbook.    Johan, dengan semangat berapi api berbagi cerita tentang perjuangannya menjadi insinyur. Hasilnya ? perkenalkan foto dibawah, Labib, sang calon insinyur.

Saya labib, calon insinyur

 

Aku juga sempat mengajar kelas 1 dan 2. Walaupun sebelumnya aku sudah pernah mencoba, tetap saja aku sempat kehabisan akal ketika kelas mulai tidak terkendali. Hal ini tidak berlaku untuk Pak Steve Kosasih, setiap kali beliau memasuki kelas murid murid langsung diam. Karisma mungkin ya. Aku dan teman teman yang lain pun terkagum kagum dengan kualitas Pak Steve.

Didalam kelas, Pak Steve mengajari anak anak untuk bernyanyi bersama

Niesha dikerubuti anak anak yang antusias

 

Niesha membawa materi pengenalan minyak bumi. Satu hal yang menarik, ketika niesha bertanya  darimanakah asal minyak bumi, ada seorang anak yang menjawab : Dinosaurus, ibu guru. Itu adalah salah satu momen priceless yang membuatku terharu.

Anita, mengenalkan anak anak tentang pekerjaannya sebagai IT dengan memperlihatkan berbagai macam software. Robby, pemilik AngkringanCeklimemberi cerita dan nasihat bagaimana caranya untuk menjadi pengusaha.

Dia bangga sekali bercerita ketika ada anak yang bercita cita untuk pergi umroh.

Berfoto dengan bapak dan ibu guru

 

Jika ada yang berkata bahwa mengajar SD itu mudah, entah orang itu hebat sekali atau kalu tidak dia berbohong. Itu kesimpulan yang pak Steve sampaikan ketika selesai seharian mengajar. Aku dan teman teman lain sependapat dengan itu. Capek sekali rasanya, bagaimana bapak dan ibu guru mampu melakukan itu setiap hari adalah satu keajaiban buat kami. Salut dan salam hormat untuk semua bapak dan ibu guru dimana saja, kalian memang pahlawan sesungguhnya.

Selepas jam 12, setelah bel pulang sekolah dibunyikan. Team 17 menyempatkan diri untuk ngobrol dan mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mensupport kelas inspirasi ini. Setelah berfoto dan beramah tamah, kami pun undur diri

Inspirator kelompok 17 yang super keren

 

Eits, tapi kelas inspirasi hari ini belum berakhir. Setelah berlelah lelah seharian menghadapi ratusan murid murid berenergi tinggi. Team 17 makan siang bersama di Fish & Co Gandaria City. Saling bertukar cerita dan membangun relasi, kelas inspirasi menyatukan berbagai macam individu dengan satu hal yang sama : kepedulian terhadap pendidikan Indonesia.

Kelas Inspirasi yang pertama sudah berjalan dengan cukup sukses. Melihat dari timeline twitter dengan hashtag #kelasinspirasi, responnya luar biasa. Setelah persiapan selama beberapa bulan dan dan konseptor awal yang hanya 20 an orang, output seperti ini membuatku dan teman teman volunteer yang lain bangga.

Tapi ini tidak akan berhenti sampai disini , obrolan di Gandaria City bersama team 17 membawa ide dan semangat untuk menjadikan #kelasinspirasi lebih besar, luas dan viral. Ajaib memang, di kegiatan ini semua yang terlibat menjadi inspirasi untuk yang lain.

Kiki Ahmadi,

bangga menjadi bagian dari #kelasinspirasi.

Terima kasih sebesar besarnya untuk team 17, pastikan untuk follow para Inspirator dibawah ini :

  1. Niesha Triaswari – HSE Engineer – Statoil 
  2. Niluh Sekar – Editor in Chief, Dewi Magazine 
  3. Robby Adiarta – owner dari Angkringan Cekli, kuliner enak di Kudus
  4. Johan Tectona - HSE Officer Astra
  5. Dannu Danil – Transportation Officer – Procter and Gamble Indonesia 
  6. Anita Sutjipto – IT project manager – PT Smart Tbk
  7. Steve Kosasih – CFO Perhutani 
  8. Ade Rinaldi - Fotografer dan owner dari Luz Photography 
  9. Evy Irmalestari - Fotografer dan owner dari Luz Photography 

Berita tentang #kelasinspirasi lainnya :

  1. Kompas.com
  2. Tempo Online 
Foto foto lengkap #kelasinspirasi team 17 :
About these ads

Satu gagasan untuk “Hari Inspirasi di SD Kebayoran Lama Selatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s